BAHAN YANG DIGUNAKAN DALAM PEMBUATAN KAOS

Kaos memang menjadi salah satu kebutuhan yang penting untuk setiap orang, karena nyaman untuk digunakan. Dari segi harga pun sangat terjangkau, sehingga tidak heran jika banyak orang bisa memesan dalam jumlah banyak. Kaos juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya yang melibatkan banyak orang. Seperti untuk media promosi, atribut kampanye ketika pemilihan umum, dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu konveksi pembuatan kaos bermunculan untuk membantu. Untuk mempermudah konsumen dalam pemesanan kaos, saat ini sudah ada layanan pesan online. Sehingga konsumen tidak perlu datang ke lokasi untuk memesan kaos. Salah satu yang menjadi alasan mengapa banyak konsumen yang memanfaatkan layanan online ini.

7 Jenis Bahan Untuk Pembuatan Kaos Terbaik

Pentingnya memilih bahan dalam pembuatan kaos akan mempengaruhi kenyamanan dan kualitas ketika dipakai. Pastikan dalam memilih bahan membuat kaos yang tepat dan nyaman. Berikut jenis bahan pembuatan kaos yang terbaik.

  1. Combed

Adalah jenis bahan kain yang paling banyak di gunakan untuk pembuatan kaos. Untuk jenis bahan kain terbuat dari serat kapas 100%. Dimana bahan kain tersebut memiliki daya serap keringat yang baik. Selain itu bahan kain ini memiliki permukaan yang halus dan lembut. Dan lagi jenis bahan ini bisa di sablon dengan baik.

  1. Carded

Meskipun bahan carded ini sama-sama terbuat dari serat kapas 100%. Namun bahan kain untuk pembuatan kaos ini berbeda dengan bahan cotton combed. Hal ini dapat dilihat dari segi permukaan bahan kain yang kurang rata dan sedikit kasar. Meskipun begitu bahan kain ini dapat menyerap keringat dengan baik, sehingga saat dipakai akan terasa nyaman tentunya. Dari segi harga pun sangat terjangkau, jadi konsumen tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran.

  1. Polyester

Untuk jenis bahan kain yang di gunakan pembuatan kaos ini sangat berbeda dengan kedua jenis bahan kain diatas. Jenis bahan kain ini masuk ke dalam jenis bahan kain yang sintetis. Maka bahan kain ini tidak memiliki daya serap yang baik. Bahan polyester terbuat dari bahan ester (hasil sampingan dari minyak bumi yang di pakai membuat bahan serat fiber poly). Sehingga di pakai akan terasa panas.

  1. Tetoron cotton (TC)

Terbuat dari bahan campuran 65% polyester cotton combed. Untuk bahan pembuatan kaos ini sama dengan seperti bahan PE. Dimana bahan kain tersebut terasa panas ketika di pakai. Dan memiliki daya serap keringat yang buruk. Perkembangan zaman dan majunya teknologi di bidang industri pengolahan kain. Membuat industri tersebut dapat memunculkan bahan kain terbaru. Akan tetapi bahan kain tersebut memiliki kelebihan tidak mudah melar dan tahan kusut meskipun sering dicuci.

  1. Viscose

Jenis bahan pembuatan kaos yang satu ini sering disebut dengan bahan rayon. Tingkat kelembapan dari bahan viscose ini lebih tinggi dan memiliki kecemerlangan warna lebih baik dari kapas. Tekstur dari bahan yang mirip seperti kapas, biasanya dipakai untuk kecerahan warna dan kenyamanan serat sintetis. Serat viscose lebih lembut dari kapas. Tidak heran kain tersebut memiliki kesan mewah, harga yang mahal dan jarang tersedia di pasaran.

  1. Cotton Viscose (CVC)

Bahan jenis campuran yang terbuat dari 45% viscose dan 55% cotton combed. Karena tingkat susut pola (shrinkage) lebih kecil dibandingkan dengan bahan katun. Jenis bahan ini memiliki kelebihan di bandingkan dengan bahan yang lain. Selain itu bahan kain tersebut mampu menyerap keringat sehingga sangat nyaman ketika di pakai.

Nah itulah beberapa jenis bahan kain yang sering di gunakan untuk membuat kaos. dengan mengetahui bahan diatas, maka tidak akan sulit untuk memilih bahan kain untuk produksi nantinya.